Ciri-ciri Kena Turun Berok (Hernia)

Turun berok atau dalam istilah medis disebut dengan hernia merupakan kondisi yang tak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan matinya usus. Untuk itu ketahui apa saja ciri-ciri dari turun berok.

Turun berok adalah kondisi keluarnya organ usus dari tempat yang seharusnya. Penjelasan sederhananya adalah usus melorot lewat lubang locus minoris. Jika ada tekanan besar maka usus bisa keluar melalui lubang tersebut. Bila terus dibiarkan bisa menimbulkan bahaya karena usus yang melorot ini akan terperangkap atau terjepit hingga mati dan memberikan masalah yang besar.

Pada turun berok yang ringan, usus yang turun bisa masuk lagi ke perut jika dalam posisi tidur. Tapi kalau sudah parah, usus tidak akan bisa masuk lagi ke perut. Sedangkan kalau usus sudah terjepit, maka usus tidak mendapat suplai darah yang akhirnya mati dan membusuk.

Tak hanya laki-laki yang suka mengangkat beban berat saja yang bisa terkena turun berok, perempuan dan anak-anak pun bisa mengalaminya. Sedangkan turun berok yang banyak dialami oleh olahragawan terutama pesepakbola disebut dengan sport hernia.

Seperti dikutip dari eMedicinehealth.com, Kamis (20/1/2011) turun berok akan menimbulkan tonjolan pada dinding perut. Tonjolan akan semakin terlihat ketika otot-otot tersebut mengalami pengetatan sehingga meningkatkan tekanan dalam perut.

Setiap kegiatan yang meningkatkan tekanan di dalam perut bisa memperburuk kondisi hernia. Ciri-ciri yang timbul dari hernia ini bermacam-macam tergantung dari kondisinya, berikut ini ciri-cirinya:

- Timbul nyeri di daerah perut bagian bawah

- Rasa sakit atau nyeri ini akan sangat terasa ketika ada tekanan di dalam perut seperti saat batuk, mengejan atau mengangkat beban yang berat

- Muncul benjolan di daerah selangkangan atau daerah perut, benjolan ini akan meningkat ukurannya ketika berdiri atau tekanan perut meningkat

- Pada beberapa kasus timbul tonjolan tanpa disertai dengan rasa sakit yang jika terus dibiarkan bisa membuat hernia masuk ke dalam skrotum

- Terkadang muncul rasa sakit yang disertai dengan demam

- Jika usus sudah terjebak atau terjepit dalam jangka waktu lama bisa mengalami kerusakan yang ditandai dengan mual dan muntah

- Timbul nyeri yang selalu hadir diikuti dengan gejala gangguan pencernaan

- Jika tonjolan turun beroknya masih kecil maka ada kemungkinan bisa pulih sendiri, usahakan untuk tidak terlalu banyak melakukan kegiatan yang membuat tubuh mengedan misalnya mengangkat beban terlalu berat.

Namun jika hernia semakin membesar sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter apakah perlu dilakukan operasi atau tidak untuk mencegah matinya usus. Operasi yang dilakukan akan membantu mengembalikan usus ke posisi yang sebenarnya.

(detikHealth.com)

About these ads

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

20 Balasan ke Ciri-ciri Kena Turun Berok (Hernia)

  1. hary sudarsana berkata:

    saya hary, umur 19 tahun. Saya mengalami penyakit aneh dibagian testis dimana dalam testis saya terdapat seperti daging/ benjolan dan cenderung testis saya kendor. namun pada waktu dingin testis saya kencang kembali. Penyakit apa yang sedang saya alami, dan bagaimana solusinya. Terimakasih

    • hery berkata:

      kalau dari gejalanya kemungkinan anda terkena varikokel sama seperti yang pernah saya alami,jalan terbaik adalah operasi kalau anda ingin punya keturunan karena kalau tdk di ops akan merusak testis dan mengganggu produksi sperma begitu kira-kira

  2. Tto berkata:

    umur saya 16 tahun,di buah zakar(maaf) saya sering terasa sakit ketika menunduk,jongkok atau pun duduk.
    itu terjadi ketika saya usai bermain futsal.
    itu kenapa ya.??apa itu yang di sebut hernia.??
    reply please

  3. one stap berkata:

    pokoknya kalo kmu mw berolahraga usahakn pake Suporter..

  4. Udin berkata:

    Saya udin umur 2oth,saat saya mengangkat beban yang berat kemaren,setelah saya bangun pagi hari ini perut saya terasa sakit sampai kebagin testis,apa itu yg dinamai hernia,apa ada cara laen untuk menyembuhkan penyakit itu secara alami?

  5. samsul bakhri berkata:

    apakah hernia bisa menyebabkan impotensi?

  6. irwan berkata:

    lakukan operasi jika memang benar2 sudah parah, coba diterapi dengan jus tomat tiap pagi dan malam, sebelum dijus, tomatnya rendam pake air panas hingga kulitna keriput baru kemudian dijus, dan yg paling penting dekatkan diri dgn Tuhan… trims…

  7. siti berkata:

    Saya wanita 29 th blum menikah. Tp sudah sjk kecil sering buang air ke Dan sejak kuliah perut bawah dkt selangkangan paha kiri saya sering
    sehingga sering lemas. hampir tiap hari ngerasainny. N skrg
    Sudah 3 minggu saya lemas krn msih nyeri.. Pdhl sdh urut perut.
    Sebelumny saya demam tinggi n mual n muntah2.
    Apkh,ini hernia? N apa solusi yg tepat? Trims

  8. wah kok parah juga yah penyakit hernia itu

  9. Jhon Vanhoten berkata:

    usiansaya 30k thn maaf buah zakar saya kelihatan 3.
    yang 1 kelihatan agak besar dan suka bergerak, kadang kala terasa sakit
    kalau d bawa tidur dan berbaring sebelah kiri rasa sakit nya perlahan hilang
    apakah itu hernia, trims.

  10. jihadi berkata:

    Ciri-ciri Kena Turun Berok (Hernia)
    Turun berok atau dalam istilah medis disebut dengan hernia merupakan kondisi yang tak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan matinya usus. Untuk itu ketahui apa saja ciri-ciri dari turun berok.

    Turun berok adalah kondisi keluarnya organ usus dari tempat yang seharusnya. Penjelasan sederhananya adalah usus melorot lewat lubang locus minoris. Jika ada tekanan besar maka usus bisa keluar melalui lubang tersebut. Bila terus dibiarkan bisa menimbulkan bahaya karena usus yang melorot ini akan terperangkap atau terjepit hingga mati dan memberikan masalah yang besar.

    Pada turun berok yang ringan, usus yang turun bisa masuk lagi ke perut jika dalam posisi tidur. Tapi kalau sudah parah, usus tidak akan bisa masuk lagi ke perut. Sedangkan kalau usus sudah terjepit, maka usus tidak mendapat suplai darah yang akhirnya mati dan membusuk.

    Tak hanya laki-laki yang suka mengangkat beban berat saja yang bisa terkena turun berok, perempuan dan anak-anak pun bisa mengalaminya. Sedangkan turun berok yang banyak dialami oleh olahragawan terutama pesepakbola disebut dengan sport hernia.

    Seperti dikutip dari eMedicinehealth.com, Kamis (20/1/2011) turun berok akan menimbulkan tonjolan pada dinding perut. Tonjolan akan semakin terlihat ketika otot-otot tersebut mengalami pengetatan sehingga meningkatkan tekanan dalam perut.

    Setiap kegiatan yang meningkatkan tekanan di dalam perut bisa memperburuk kondisi hernia. Ciri-ciri yang timbul dari hernia ini bermacam-macam tergantung dari kondisinya, berikut ini ciri-cirinya:

    - Timbul nyeri di daerah perut bagian bawah

    - Rasa sakit atau nyeri ini akan sangat terasa ketika ada tekanan di dalam perut seperti saat batuk, mengejan atau mengangkat beban yang berat

    - Muncul benjolan di daerah selangkangan atau daerah perut, benjolan ini akan meningkat ukurannya ketika berdiri atau tekanan perut meningkat

    - Pada beberapa kasus timbul tonjolan tanpa disertai dengan rasa sakit yang jika terus dibiarkan bisa membuat hernia masuk ke dalam skrotum

    - Terkadang muncul rasa sakit yang disertai dengan demam

    - Jika usus sudah terjebak atau terjepit dalam jangka waktu lama bisa mengalami kerusakan yang ditandai dengan mual dan muntah

    - Timbul nyeri yang selalu hadir diikuti dengan gejala gangguan pencernaan

    - Jika tonjolan turun beroknya masih kecil maka ada kemungkinan bisa pulih sendiri, usahakan untuk tidak terlalu banyak melakukan kegiatan yang membuat tubuh mengedan misalnya mengangkat beban terlalu berat.

    Namun jika hernia semakin membesar sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter apakah perlu dilakukan operasi atau tidak untuk mencegah matinya usus. Operasi yang dilakukan akan membantu mengembalikan usus ke posisi yang sebenarnya.

  11. fatur rahman berkata:

    buah zakar saya yang kiri turun satu yg kanan tidak , apakah ini penyakit hernia kah ?

  12. herna berkata:

    ini herna, tolong minta info cara pencegahan usus melorot ke testis, yang menyebabkan testis sebelah kanan membesar, namun testis membesar hanya pada saat kedinginan saja, nah apa itu termasuk hernia?

  13. ZULFITRIANSYAH PUTRA berkata:

    Buah pelir saya besar sebelah, apakah ini ciri ciri hernia.

  14. Budi berkata:

    saya budi 19 tahun .Testis sebelah kiri saya turun dan besar sebelalah dok dari tetangganya yang kanan,dulu sempat saya check up diperiksa tidak mengalami varikokel,nyeri sih tidak dok,tapi agak risih juga karena besar sebelah … sudah 1 bulan ini saya tidak lagi mimpi basah/mengeluarkan sperma onani pun saya tidak begitu sering saya lakukan,apa ini di gejala hernia?saya takut gak punya keturunan dok

  15. Oza berkata:

    Saya Aris umur 24 thn,saya merasakan nyeri dibagian perut bawah dan testis sbelah kiri saya membesar dan mengeras dibagian ujung bawah yg mengakibatkan testis tersebut lebih berat dri yang satunya dan apabila disentuh terasa sakit/ngilu,akan tetapi tidak ada benjolan dibagian perut ataupun selangkangan. Apa itu termasuk penyakit hernia? mohon balasannya. Terima kasih…

  16. yulis berkata:

    Pd selangkangan saya terdapat benjolan – benjolan kecil dok dan lumayan banyak, tp perut saya tdk terasa sakit.
    apakah ini hernia atau bukan?

  17. ferry berkata:

    Saya ayah dari 3org anak. Umur 31thn.saya memiliki 1 testis (yg 1 lagi ga tau kemana) .saya heran setiap nonton bf sang cowok memiliki 2telor.
    sebelum menikah saya takut ga bisa punya anak,tapi puji Tuhan dah dapat 3 anak dari ketakutan itu.
    jadi yang ingin saya tanyakan, dari semua yg diatas rasanya ga ada yg mirip sama yg saya derita, dimana perut kiri bagian bawah pas sebelah penis (maaf) terasa mengganggu, kayak ada tonjolan,walaupun ga sakit tapi mengganggu juga saat melakukan aktivitas.
    Kejadian itu baru 2hr saya alami.
    Sering saya sentuh, saya pijat arah kebawah,kadang penis saya tarik, sampe loncat2 saya juga coba.
    Saya pikir ini mgkn salah urat atau gimana, istri saya menganjurkan cek up.bukan nya ga mau cek up,masalahnya ke dokter mana mau konsultasikan?daaaaan klo seandainya di suruh operasi gmn?!
    saya ga mau di operasi.
    mohon bantuan teman2, mana tau memiliki kasus yg sama dan sembuh secara alami.
    terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s