Gondongan, Penyakit Apa Itu?

Gondongan atau parotitis (mumps) disebabkan infeksi virus golongan Paramyxovirus yang terjadi pada kelenjar air liur (parotis). Gondongan ditularkan melalui kontak erat dengan penderita, melalui percikan renik (droplet) penderita yang disebarkan melalui bersin, bicara, ciuman, dan batuk.

Perjalanan Penyakit:
Serangan virus menyebabkan reaksi peradangan di kelenjar air liur/parotis, sehingga kelenjar tersebut membengkak. Nyeri terjadi terutama saat menelan, kemudian gejala ini akan mereda dalam 1 minggu.

Meski gejala penyakit hilang dengan sendirinya, komplikasi dapat saja terjadi. Contohnya, komplikasi radang selaput otak/ meningitis yang dapat berakibat fatal. Juga, radang kelenjar testis pada anak laki-laki (20% kasus ini terjadi pada anak-anak yang sudah mencapai usia pubertas) maupun radang kelenjar ovarium pada anak perempuan.

Gejala:
Umumnya akan timbul demam, rasa tidak enak badan, nyeri di tenggorokan dan di telinga terutama saat menelan ludah, sakit kepala, lemas, susah membuka mulut, tampak pembengkakan di leher (biasanya di kedua sisi) di bawah rahang. Gejala tersebut biasanya akan menghilang di hari ke-3 sampai ke-7.

Penanganan:
Seperti halnya infeksi virus yang lain, pengobatan dilakukan secara suportif atau hanya untuk menghilangkan gejalanya, karena penyakit ini akan sembuh sendiri (self limiting disease). Selebihnya, penderita membutuhkan asupan nutrisi dan cairan yang cukup.

Agar tak menular, penderita sebaiknya tidak keluar rumah dan tidak berdekatan dengan anak lain (saudaranya).

Pencegahan:
Menghindari kontak erat dengan penderita, mengisolasi penderita, dan menjalani imunisasi MMR. Biasanya gondongan hanya terjadi sekali seumur hidup, terlebih bila daya tahan tubuh anak baik dengan memerhatikan higiene dan sanitasi yang baik.

Tidak ada imunisasi yang dapat menjamin kekebalan 100%. Namun sebagian besar imunisasi MMR memberikan efek protektif yang baik. Kalaupun anak terkena gondongan, gejala yang timbul akan sangat ringan.

Anak usia sekolah yang pernah atau sedang gondongan dan belum pernah mendapatkan imunisasi mumps tidak lagi memerlukan imunisasi MMR karena infeksi alamiah tersebut akan memberikan imunitas seperti layaknya imunisasi.

(kompas.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s