Beda Tanda Botak Antara Pria dan Wanita

Rambut yang terus menerus rontok adalah pertanda serius dari gejala kebotakan. Rambut rontok atau kebotakan biasanya lebih dikeluhkan pria ketimbang wanita. Namun wanita juga sebenarnya mengalami rambut rontok atau menipisnya rambut hingga kebotakan seperti pria. Ini beda tanda botak pria dan wanita.

“Seperti taman, siklus rambut normal harus mengarah pada pembentukan rambut baru. Siklus pertumbuhan rambut sangat penting karena ketika proses tersebut terganggu, maka akan menyebabkan kerontokan rambut,” kata Wendy Roberts, MD, seorang dermatolog di Rancho Mirage, California seperti dikutip WebMD, Jumat (26/8/2011).

Tanda-tanda rambut rontok atau kebotakan pada pria adalah:
1. Dahi akan terlihat lebih lebar. Semakin mundurnya kontur rambut di bagian depan (widow’s peak) bisa dijadikan indikator dimulainya kebotakan. Kondisi ini menyebabkan area dahi yang tidak tertutup oleh rambut makin menjorok ke belakang, meski tahapannya sangat lambat dan sering tidak disadari.

2. Rambut bagian atas atau depan makin menipis. Kebotakan pada pria umumnya dimulai dengan penipisan pada rambut kepala bagian atas atau depan. Penipisan terjadi secara bertahap, kadang tidak disadari dan baru akan kelihatan saat membandingkan foto yang diambil 2 tahun lalu dengan kondisi rambut saat ini.

3. Jarak tumbuh rambut makin jarang. Bagi pria khususnya yang berambut pendek, rambut rontok umumnya tidak diperhatikan sehingga sulit dijadikan indikator dimulainya kebotakan. Namun tanda-tanda kebotakan bisa dilihat dengan menyibak rambut, lalu mengamati jarak tumbuh antara rambut yang makin lebar dan jarang.

4. Pria bisa mengalami kebotakan di usia muda mulai dari usia 20-an tahun.

Tanda-tanda rambut rontok atau kebotakan pada wanita:
1. Terlihat penipisan pada rambut bagian tengah.

2. Gulungan karet lebih banyak mengikat rambut. Jika biasanya saat menguncir rambut hanya perlu mengikat 2 kali gulungan saja kini bisa menjadi 3-4 gulungan. Saat dikuncir jadi lebih kendur dari biasanya.

3. Banyak rambut rontok di sisir dan kamar mandi. Karena wanita umumnya berambut lebih panjang, kerontokan mudah diamati dari kondisi sisir dan lantai kamar mandi. Jika rambut yang nyangkut di sisir dan saluran pembuangan di kamar mandi lebih banyak dari biasanya, maka harus diwaspadai sebagai gejala penipisan rambut.

4. Kebanyakan wanita mengalami kerontokan rambut yang parah pada usia 50-an atau 60-an.

“Pada banyak kasus kerontokan rambut pada wanita, garis rambut pada dahi tidak berubah,” kata Nicole Rogers, MD, dari Old Metairie Dermatology di Metairie.

Meskipun garis rambut pada dahi wanita tidak mengalami perubahan, namun pada kerontokan yang parah tanda-tanda kerontokan rambut akan terlihat dengan menipisnya rambut dan terlihatnya kulit kepala yang lebih luas.

Menurut American Academy of Dermatology, kebanyakan orang kehilangan antara 50-100 helai rambut setiap hari. Pada saat rambut dicuci atau keramas, orang dapat kehilangan hingga 250 helai. Tapi jangan menghindari keramas meski rambut rontok karena keramas merupakan upaya untuk menjaga rambut.

Apabila mengalami kerontokan rambut dengan jumlah helai melebihi normal, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter. Ketika seorang pasien datang dengan kekhawatiran rambut rontok, ada kombinasi cara untuk membuat diagnosis. Tes darah biasanya dilakukan untuk memastikan tidak ada masalah pada kelenjar tiroid atau tidak ada penyakit autoimun. (detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s