Yang Bikin Manusia Cacingan Adalah Telur Cacing

Salah satu penyebab cacingan akibat lingkungan yang kotor seperti sampah menumpuk. Ternyata meski sampah menumpuk tapi kalau tidak ada telur cacing maka tidak bisa menularkan cacingan, karena sumber utama penularan cacingan adalah melalui telur cacing.

“Sumber penyakitnya adalah feses yang berisi telur cacing, meski sampah menggunung kalau tidak ada feses berisi telur cacing maka tidak apa-apa,” ujar Prof Saleha Sungkar, selaku ketua departemen parasitologi FKUI dalam acara Seminar ilmiah waspada infeksi kecacingan di gedung YTKI, Jakarta, Rabu (12/10/2011).

Prof Saleha menuturkan cacing tersebut bertelur sekitar 200.000, telur-telur ini dikeluarkan melalui feses. Kalau seseorang buang air besar di toilet maka aman karena siklus dari cacing tersebut diputus. Tapi kalau buang air besarnya digot, di kali, kebun atau air wc-nya dialirkan ke got yang digunakan untuk menyiram tanaman atau jalanan maka bisa menularkan infeksi.

“Kalau sudah kering, telur ini terbang dan hinggap di makanan yang dikonsumsi masuk ke tubuh, atau bisa juga ibu dan anak yang kontak dengan tanah yang mengandung telur cacing,” ujar Prof Saleha.

Hal ini karena telur cacing sangat membutuhkan tanah khususnya tanah liat untuk menjadi matang (infektif), kalau telur cacing ini tidak bertemu dengan tanah selama 3 minggu maka ia akan mati dan tidak bisa menetas menjadi larva ataupun menjadi cacing dewasa.

“Jika seseorang kontak dengan tanah yang ada telur cacing lalu tertelan, maka telur ini akan menetas di usus menjadi larva dan bisa menyebar mengikuti aliran darah seperti cacing gelang. Setelah itu larva akan kembali ke usus dan menetap di sana hingga menjadi cacing dewasa. Waktu yang dibutuhkan untuk siklus hidup ini sekitar 2 bulan,” ujar Prof Saleha.

Untuk pencegahannya Prof Saleha menyarankan agar makanan dan minuman selalu ditutup, cuci tangan sebelum makan dan setelah kontak dengan tanah, mencuci sayuran dengan air mengalir serta tidak mengalirkan air WC ke got atau kali.

Ancaman penyakit cacingan pada generasi penerus perlu ditangani dengan serius, konsisten dan berkesinambungan karena bisa terjadi kapan saja dan pada siapa pun. Jika tidak ditangani dapat mengakibatkan hambatan perkembangan fisik, kecerdasan dan menurunkan daya tahan tubuh. (detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Yang Bikin Manusia Cacingan Adalah Telur Cacing

  1. SihatSelalu berkata:

    lagi info tentang cacing di SIHAT SELALUJangkitan Cacing Ganggu Tumbesaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s