Ini Dia 8 Perawatan Diri untuk Obati Wasir

Gejala wasir seringkali mengganggu bahkan dapat sangat menyiksa. Namun, sebenarnya terdapat usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan meringankan gejala wasir tersebut.

Adapun usaha-usaha perawatan diri yang dapat meringankan gejala wasir seperti dikutip MSNHealth, Selasa (15/11/2011) antara lain:

1. Gunakan terapi air
Air dapat sangat menenangkan untuk wasir yang sedang meradang, nyeri, dan gatal. Kompres dingin atau merendam daerah dubur dalam air hangat selama sekitar 10 menit beberapa kali sehari juga dapat sangat membantu.

Banyak orang merasa bahwa mengusap lembut dengan handuk lembab, bukan dengan kertas toilet, dapat lebih nyaman.

2. Mencoba obat wasir yang dijual bebas
Beberapa jenis obat tanpa resep atau yang dijual bebas menawarkan bantuan cepat untuk meringankan gejala wasir.

Obat atau produk tersebut termasuk krim wasir, gel, busa, supositoria dan bantalan yang mengandung hidrokortison, atau obat konstriksi. Atau obat mati rasa, seperti, Preparation H, pads yang mengandung obat, dan Lanacane.

Obat oral yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri termasuk acetaminophen (Tylenol), aspirin, dan ibuprofen (Advil, Motrin).

3. Mengonsumsi lebih banyak serat
Serat membantu menghindari sembelit dan melancarkan buang air besar, yang keduanya merupakan faktor risiko utama untuk wasir. Diet tinggi serat juga mengurangi rasa sakit dari wasir dengan membuat kotoran menjadi lebih lunak dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Kebanyakan orang Amerika mengonsumsi kurang dari 14 g serat per hari, sedangkan yang direkomendasikan adalah 25 g per hari untuk wanita dan 38 g per hari untuk pria.

Beberapa makanan tinggi serat, meliputi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dedak, sereal gandum, dan roti. Diet tinggi serat juga dapat menurunkan risiko beberapa penyakit serius, seperti kanker usus besar, penyakit jantung, dan obesitas.

4. Mengonsumsi produk makanan berserat
Banyak orang merasa sulit untuk mendapatkan serat yang cukup dalam diet mereka untuk menghasilkan kotoran yang lebih lunak, yang dapat mengurangi risiko dan rasa sakit dari wasir.

Makan diet tinggi serat adalah yang terbaik. Tetapi jika tidak dapat secara konsisten mendapatkan 20-35 g serat per hari melalui makanan yang dikonsumsi, ada berbagai produk yang dapat melengkapi asupan serat.

Produk tersebut termasuk psyllium (Konsyl, Metamucil), metilselulosa (Citrucel), kalsium polycarbophil (FiberCon), dan gandum dekstrin (Benefiber), yang semuanya dapat dibeli tanpa resep di toko bahan makanan lokal atau apotik.

5. Mengonsumsi banyak air
Air adalah elemen kunci untuk menghasilkan tinja yang lebih lunak yang pada gilirannya dapat mengurangi rasa sakit dari wasir. Minum cukup air juga dapat membantu mencegah wasir.

Sebagai aturan umum, sebaiknya minum sekitar delapan 8 gelas air sehari, apalagi jika berada dalam cuaca panas dan selama latihan fisik.

Selain itu, juga harus menghindari atau membatasi asupan alkohol dan kafein. Alkohol dan kafein dapat meningkatkan kehilangan air dari tubuh, yang dapat menyebabkan kotoran keras dan meningkatkan rasa sakit dari wasir.

6. Melakukan latihan fisik yang cukup
Latihan fisik adalah komponen kunci untuk mencegah dan mengobati wasir. Jika kehidupan sehari-hari atau pekerjaan memungkinkan duduk untuk jangka waktu yang lama, pastikan untuk bangun dan bergerak di sekitar selama beberapa menit setiap jam.

Sadarilah bahwa kegiatan fisik tertentu harus dihindari, termasuk duduk untuk waktu yang lama di toilet, angkat berat, dan hubungan seks anal, yang semuanya dapat meningkatkan risiko wasir dan memperburuk gejalanya.

7. Jangan menunda buang air besar
Pagi hari adalah waktu yang sibuk bagi banyak keluarga, dan mungkin tidak merasa memiliki waktu untuk duduk di kloset dan menggunakan kamar mandi. Meskipun tidak perlu memiliki gerakan usus di pagi hari, adalah penting untuk tidak menunda memiliki gerakan usus ketika telah merasakan dorongan untuk buang air besar.

Menunda buang air besar dapat menyebabkan sembelit serta memperberat dan meningkatkan risiko untuk mengalami wasir.

8. Melakukan perawatan khusus
Wasir sangat umum selama kehamilan dan setelah melahirkan. Untuk membuat seseorang dan bayinya aman, maka harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan tentang gejala yang mungkin terjadi, seperti nyeri dan gatal-gatal pada dubur.

Salah satu perawatan sederhana ketika sedang hamil adalah berbaring pada sisi kiri saat beristirahat atau tidur untuk membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah tertentu yang dapat menyebabkan pembengkakan vena dan menyebabkan wasir. (detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s