Bahaya Kopi Susu bagi Kesehatan Gigi

Minuman kopi susu seringkali menjadi teman selama mengerjakan tugas di depan komputer. Paduan susu dan kopi dipercaya memberi tenaga dan menghindarkan dari rasa kantuk selama berjam-jam. Namun, ada dampak buruk dari konsumsi minuman ini terus-menerus.

Dokter Gigi Heidi Hackett percaya, minuman ini memicu perkembangan karies pada gigi. Mayoritas pasiennya yang minum kopi susu berjam-jam di depan komputer lebih cenderung mengalami gangguan pada gigi.

Menurut dia, paparan laktosa (gula susu) membuat bakteri dalam mulut berkembang biak dengan cepat. Laktosa menjadi bahan bakar cair yang membantu metabolisme bakteri.

Rutinitas minum kopi susu dan karies gigi, dia melanjutkan, meningkat dalam lima-tujuh tahun terakhir.

Karies, dia menambahkan, dipicu bakteri Streptococcus mutans. Bakteri ini mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam. Asam mengorosi enamel dan menyebabkan gigi berlubang.

Normalnya, segelas kopi susu dihabiskan dalam 15 menit. Namun, bila kopi susu diminum dengan frekuensi sangat sering sepanjang hari risiko kerusakan gigi semakin tinggi.

Dikutip dari Genius Beauty, para dokter menganjurkan agar meminum air putih setelah menghabiskan secangkir kopi. Ini berguna untuk menetralisir asam dalam mulut. Permen karet bebas gula juga ampuh untuk merangsang air liur yang akan membersihkan mulut dan mengurangi keasaman. (vivanews.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s