Ukur Kesehatan dari Bernafas dan Berjalan

Ingin mengetahui seberapa fit kebugaran yang dapat memengaruhi kesehatan Anda? Perhatikan cara Anda menghirup nafas dan berjalan. Dua hal ini bisa menjadi indikator kesehatan seseorang.

Umumnya, orang dewasa memerlukan waktu sekitar 10-14 nafas per menit, tetapi sebagian lainnya dapat bernafas 20 kali atau lebih per menit. Hal ini dapat menyebabkan gejala kesemutan di jari, bibir, palpitasi jantung, kelelahan, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, dan sindroma usus besar.

Umumnya, mereka yang bernafas terlalu cepat menghirup udara lewat mulut. Hal ini menyebabkan kenaikan dalam tingkat karbondioksida dalam darah, dan oksigen tidak dilepaskan ke otot dan organ.

“Bernafas cepat pada dasarnya adalah sebuah kebiasaan buruk, yang sering dihasilkan dari masa-masa stres tinggi, nyeri pada punggung atau leher, trauma emosional atau operasi,” kata Fiona Troup seorang fisiologis.

Dia menyarankan untuk menghitung berapa banyak tarikan nafas selama tubuh santai. Waspada bila jumlahnya di atas 20 kali.

Cara Berjalan

Menurut kesimpulan para peneliti AS, kecepatan berjalan adalah indikator kesehatan Anda, selain kebiasaan merokok dan tekanan darah.

Dari data 34.000 orang dewasa berusia 65 atau lebih, ilmuwan Universitas Pittsburgh menemukan kecepatan 2,6 kaki per detik dikaitkan dengan harapan hidup rata-rata. Mereka dengan tingkat kelangsungan hidup tertinggi mampu berjalan 3,3 meter per detik atau lebih cepat.

“Berjalan memperkuat tulang dan melindungi dari osteoporosis. Tapi berjalan cepat menuntut lebih banyak kekuatan dan massa otot yang pada gilirannya meningkatkan metabolisme dan mengontrol berat badan,” ungkap Profesor Brewer, pakar kesehatan Universitas Pittsburgh seperti dikutip Daily Mail.

Profesor Brewer menyebut, meningkatkan kecepatan saat berjalan lebih efektif daripada berjalan santai. (vivanews.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s