Gejala Stroke yang Terlupakan: Kaki Lemas dan Mata Kabur

Ketika terjadi serangan stroke, gejala yang paling banyak dikenali orang adalah wajah perot, lengan susah digerakkan atau bicaranya pelo. Padahal ada gejala lain yang sering terlupakan, yakni kaki lemas dan penglihatan mendadak kabur.

Adanya 2 gejala yang terlupakan ini membuat para korban serangan stroke kadang-kadang terlambat mendapat pertolongan. Orang-orang di sekitarnya tidak mengenalinya sebagai serangan stroke, lalu menunggu hingga wajahnya perot atau susah bicara alias pelo.

Prof Ross Naylor, seorang peneliti dari Leicester Royal Infirmary mengungkap bahwa hampir semua orang mampu mengenali 3 gejala umum yang menyertai serangan stroke.

Ketiganya yakni lengan susah digerakkan (arm weakness), wajah perot (facial weakness) dan susah bicara. Namun ketika berhadapan dengan 2 gejala lainnya yang banyak terlupakan, ternyata tidak semua orang mengenalinya sebagai gejala stroke.

Kaki lemas (leg weakness) sebagai gejala stroke hanya diketahui oleh 57 persen responden dan mata kabur hanya diketahui oleh 44 persen responden. Data ini diperoleh dalam sebuah survei terbaru di Inggris yang melibatkan tak kurang dari 1.300 responden dari berbagai usia.

Penelitian yang didanai oleh East Midlands Strategic Health Authority ini dilakukan selama 2 tahun, dalam rangka meningkatkan kesadaran akan bahaya stroke.

“Sangat penting bagi semua orang untuk mengetahui kelima gejala stroke. Mereka tidak perlu menunggu kelima-limanya muncul sekaligus untuk segera mencari pertolongan,” ungkap Prof Naylor seperti dikutip dari Buxtonadvertiser, Rabu (7/12/2011).

Seperti diberitakan detikHealth sebelumnya, pemicu serangan stroke sangat beragam sehingga tidak bisa diatasi sendiri tanpa bantuan medis. Stroke yang dipicu oleh penyumbatan pembuluh darah di otak harus mendapatkan obat pengencer darah dalam waktu 3 jam sejak terjadi serangan. (detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s