Cara Sederhana Cegah Sembelit

Kebiasaan buang air besar Anda kali ini berbeda dari biasanya? Anda ternyata mengalami sembelit lantaran harus mengedan berulang kali. Secara medis sembelit didefinisikan sebagai kesulitan atau ketidakteraturan buang air besar dengan tinja yang kecil dan keras.

Serangan sembelit sesekali tidak berbahaya, tapi kadang ada kelainan dasar yang perlu diselidiki. Pola makan yang rendah serat dan cairan adalah penyebab sembelit yang paling umum.

Sebelum terjadi sembelit kronis yang berbahaya, ada baiknya kita terapan beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengurangi beratnya sembelit.

Berikut cara sederhana yang dapat Anda lakukan sehari-hari guna mencegah sembelit, sebagaimana diutarakan Dr Mirriam Stoppard dalam buku “Panduan Kesehatan Keluarga”.

– Tingkatkan asupan serat harian Anda. Makanan kaya akan serat seperti roti gandum, sereal, buah, sayuran hijau, kentang berkulit, buncis, dan kacang-kacangan.

– Kurangi asupan makanan yang telah dimurnikan dan produk olahan, seperti keju dan roti tawar.

– Tingkatkan asupan cairan harian Anda sekurangnya enam hingga delapan gelas sehari, tapi hindari atau batasi minuman berkafein atau alkohol.

– Jangan menggunakan pencahar terus-menerus karena usus besar akan menjadi malas dan tidak dapat bekerja tanpa obat itu.

– Jangan mengabaikan rasa ingin buang air besar. Semakin lama berada dalam usus besar, tinja akan semakin kering dan keras.

– Cobalah memiliki rutinitas pergi ke toilet secara teratur pada waktu yang sama.

– Luangkan waktu untuk berolahraga secara teratur setiap hari. (okezone.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s