Ini Efek dari Pakai Dasi dan Gesper Tiap Hari

Gesper atau sabuk pinggang dan dasi biasa digunakan oleh karyawan hampir setiap hari untuk bekerja. Tapi sebaiknya jangan digunakan terlalu ketat karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Wall Street Journal menemukan penggunaan sabuk pinggang yang terlalu ketat bisa menekan lateral, saraf femoral cutaneous yang berjalan dari perut ke paha luar.

Hal lain yang bisa dialami adalah kondisi ini dapat membuat seseorang mengalami ketidaknyamanan di perut seperti muncul rasa kembung, mulas serta sering bersendawa beberapa jam setelah ia makan.

Sementara itu para ahli mengungkapkan penggunaan kerah baju dan dasi yang ketat bisa mengurangi sirkulasi darah ke otak serta meningkatkan tekanan intraokular yang merupakan faktor risiko penyakit glaukoma, seperti dikutip dari Indiavision, Jumat (24/2/2012).

Glaukoma adalah salah satu kondisi kerusakan saraf mata yang disertai dengan berkurangnya lapangan pandang, hal ini terkait dengan beberapa faktor yang salah satunya akibat tekanan bola mata yang tinggi.

Tekanan bola mata yang normal adalah sekitar 10-20 mmHg, jika tekanan bola matanya melebihi batas tersebut atau diatas 30-40 mmHg maka berisiko terkena glaukoma yang bisa mengakibatkan kebutaan permanen. Orang dengan glaukoma lapang pandangannya semakin lama akan semakin sempit, seperti orang melihat pakai teropong.

Selain itu peneliti juga memperingatkan tren fashion lain yang digunakan terlalu ketat seperti penggunaan kaus kaki yang terlalu ketat bisa menyebabkan peredaran darah terganggu serta meninggalkan bekas di kulit yang kadang bisa bersifat abadi.

Sedangkan pada orang yang sedang berencana ingin memiliki anak, maka hindari penggunaan celana yang terlalu ketat sepanjang waktu karena bisa memberikan tekanan bagi testis sehingga suhunya meningkat dan mengurangi jumlah serta kualitas sperma yang dihasilkan. (detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s