Positif Hamil di Masa Menyusui, Stop ASI atau Lanjut?

TANYA : Apabila ada seorang ibu yang masih menyusui anaknya yang berusia kurang dari 1 tahun, lalu ibu tersebut kemudian dinyatakan hamil, apakah yang sebaiknya dilakukan? Menyapih anak pertamanya, atau tetap meneruskan menyusui? Mohon penjelasannya. Terima Kasih.
(Astri, 30, Bogor)

JAWAB:

Hai Ibu Astri, wah senangnya seorang ibu apabila dipercayakan kembali oleh Yang Maha Kuasa untuk mendapat titipan berharga berupa seorang anak. Apabila si ibu masih menyusui dan ternyata sudah hamil kembali, silahkan kegiatan menyusuinya diteruskan, apalagi kalau bayinya masih dibawah 6 bulan (masa ASI eksklusif).

Apabila bayi sudah berusia di atas 6 bulan, tentu sudah mendapatkan MPASI (Makanan Pendamping ASI) ya, semakin melengkapi kebutuhan energi dan nutrisi bayi. Menyusui di kala sedang hamil (nursing while pregnant) bisa dilakukan asalkan ibu tidak ada riwayat keguguran, kelahiran prematur dan ibu serta janin dalam keadaan sehat.

Nanti kalau si adik sudah lahir, ibu bisa melakukan tandem nursing, yaitu menyusui kakak dan adik secara bersamaan, sehingga memperkenalkan konsep berbagi, berlaku adil sejak sedini mungkin serta mengurangi sibling rivalry atau persaingan antar kakak dan adik… bukankah hal ini justru dianjurkan? Salam ASI! (kompas.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Positif Hamil di Masa Menyusui, Stop ASI atau Lanjut?

  1. Sekar arum chrysanti berkata:

    Bagaimana kalau bayi nya menjadi mencret, apakah perlu diberhentikan memberi ASI nya? inginnya sih terus diberikan, tapi kalau ada efek ke bayi nya gmna? terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s