Trik Tidur Nyenyak Walau Sedang Pilek

Saat sedang mengalami batuk pilek seseorang kadang tidak bisa mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang nyenyak. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa istirahat dengan nyaman saat pilek.

Umumnya orang dewasa akan mengalami pilek sekitar 2-5 kali dalam setahun, sedangkan anak-anak bisa 5-10 kali dalam setahun. Sebagian besar orang akan lebih rentan tertular ketika musim dingin karena adanya penurunan suhu di sekitar serta kekebalan tubuh yang berkurang.

Berikut ini langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan agar dapat beristirahat dengan nyaman saat pilek, seperti dikutip dari WebMD, Selasa (13/3/2012) yaitu:

1. Menggunakan humidifier agar lebih mudah bernapas

Humidifier yang digunakan akan melepaskan kelembaban ke udara, dan uap yang muncul ini bisa melonggarkan hidung mampet dan melembabkannya. Selain membantu orang bernapas lebih mudah, udara lembab juga menenangkan jaringan di hidung dan tenggorokan serta menghilangkan rasa sakit radang tenggorokan. Tapi pastikan untuk membersihkan humudifier secara teratur.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi dengan menggunakan air hangat bisa membuat napas terasa lebih nyaman. Selain itu bisa juga dengan membungkuk di atas bak berisi air panas atau meletakkan kompres hangat di daerah sinus.

3. Pilihlah obat secara bijak

Obat batuk pilek biasanya mengandung bahan lain untuk mengobati gejala seperti hidung mampet, pilek, batuk, demam dan nyeri. Tapi bijaklah dalam memilih obat, karena beberapa bahan tertentu bisa membuat orang tetap terjaga, tapi di sisi lain beberapa antihistamin bisa membuat orang mengantuk.

4. Menenangkan sakit tenggorokan

Berkumur dengan air garam hangat sebelum tidur bisa menenangkan nyeri tenggorokan. Tapi jika sakit tenggorokan yang dialami parah dan disertai demam tinggi, sebaiknya hubungi dokter karena dikhawatirkan akibat infeksi tenggorokan.

5. Menggosokkan balsam untuk atasi batuk

Menggosokkan balsam di dada dan tenggorokan bisa membantu meringankan batuk yang berhubungan dengan flu. Uap yang muncul dari balsam akan menenangkan batuk dan mengurangi kemampatan. Tapi sebaiknya jangan dimakan atau dimasukkan ke dalam hidung.

6. Meninggikan kepala saat tidur

Meningkatkan posisi kepala saat tidur bisa membantu seseorang lebih mudah bernapas. Tapi sebaiknya jangan menumpuk banyak bantal karena membuat lengkungan leher sakit dan membuat sulit bernapas, melainkan dengan membentuk lereng yang lembut atau secara bertahap berundak.

7. Tidurlah sesuai jadwal

Pilek bisa mengganggu jadwal tidur seseorang, tapi sebaiknya tetap bangun dan tidur pada waktu yang sama seperti biasa. Hal ini karena jika seseorang kurang tidur akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang membuatnya sulit melawan penyakit yang dideritanya. (detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Trik Tidur Nyenyak Walau Sedang Pilek

  1. Yuyut Wahyudi berkata:

    penting nih, biasanya kalo lagi flu suka susah tidurnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s