Kenapa Lidah Kegigit Bisa Jadi Sariawan?

Sebagian orang biasanya mengeluhkan sariawan setelah mulut atau lidahnya tergigit. Kenapa lidah atau mulut yang tergigit akan berkembang menjadi sariawan?

Sariawan atau Stomatitis aphtosa merupakan luka kecil menyakitkan di dalam rongga mulut, yang memiliki diameter sekitar 2-5 mm. Sariawan biasanya terjadi selama 5-7 hari dan sembuh dalam 2 minggu tanpa jaringan parut.

Secara klinis sariawan akan tampak sebagai bercak warna putih atau kekuningan, yang terletak di rongga mulut misalnya, lidah, bibir dan mukosa mulut. Sariawan adalah bentuk dari luka atau ulkus pada mukosa. Setelah terbentuk ulkus, maka ulkus tersebut dapat bertahan melalui peradangan atau infeksi sekunder.

Sariawan memang dapat disebabkan karena mulut atau lidah yang tergigit, karena trauma fisik merupakan salah satu penyebab sariawan. Trauma fisik lain yang dapat menyebabkan sariawan, antara lain menyikat gigi terlalu keras, tonjol gigi yang runcing, serta tergesek-gesek gigi tiruan atau permukaan tambalan gigi yang kurang halus.

Sariawan dapat terbentuk karena mukosa di rongga mulut mengalami penurunan daya tahan. Penurunan daya tahan tubuh ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya defisiensi vitamin, kondisi hormonal, atau stres.

Sebagai dampaknya, kondisi mukosa mulut menjadi sangat rentan, mudah terkoyak dan luka. Ketika kondisi daya tahan mukosa rongga mulut sedang mengalami penurunan, misalnya sedang menstruasi. Maka dengan adanya trauma atau bentuk fisik di mulut atau lidah maka hal tersebut dapat memicu timbulnya sariawan.

“Trauma fisik atau iritasi kimia dapat dianggap sebagai faktor pencetus munculnya sariawan. Namun kondisi daya tahan mukosa mulut yang dipengaruhi oleh berbagai faktor tetap sangat berperan pada munculnya sariawan,” kata Farhad Melamed, M.D., seperti dilansir dari UCLA Department of Medicine, Selasa (20/3/2012).

Untuk menghindari sariawan, maka dapat dengan cara mengurangi atau memperbaiki hal-hal yang dapat menjadi faktor pencetus, serta selalu menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. (detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s