Dampak Negatif Membedong Bayi

Tradisi membedong bayi dengan meluruskan kedua kakinya hingga kini masih dilakukan. Selain untuk memberi rasa hangat, tindakan itu dipercaya agar kaki bayi tidak bengkok ketika berjalan nanti.

Pertanyaan perlu atau tidaknya anak bayi dibendong pun hingga kini masih suka diajukan para calon ibu atau ibu kepada dokter kandungan atau dokter anak. Anggapan itu ditolak tegas-tegas dan dinilai justru akan membahayakan pertumbuhan tulang bayi.

“Saya jelas-jelas tidak setuju bayi dibedong. Bayangkan berapa jam bayi kita harus dibedong, kakinya harus diluruskan,” ujar dokter kandungan DR. dr. Ali Sungkar SpOG dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (9/6/2012).

Kata dokter yang sehari-hari berpraktek di RSCM dan RS Ibu dan Anak Brawijaya ini, banyak sendi-sendi pada kaki bayi yang harus digerakkan agar tidak kaku dan mengalami pertumbuhan.

“Ada gerakan besar, tanda-tanda bayi aktif,” sambungnya.

Senada dengan dokter Ali, dokter spesialis anak, dokter Rinawati Rohsiswatmo pun berpendapat, upaya bedong atau membalut badan dan kaki bayi dengan kain yang sangat rapat adalah upaya yang salah.

“Ini bukan posisi biologis bayi dalam kandungan. Dalam rahim posisi kaki bayi justru menekuk, begitu juga dengan kedua tangannya. (Bedong) itu menyalahi kodrat,” jelasnya.

Mengutip hasil penelitian seorang orthopedi anak yang dilakukan di Jepang, Rina menjelaskan, bedong yang dilakukan terhadap bayi justru mengakibatkan kerusakan parah pada tulang bayi.

“Panggul bayi keluar dari bonggolnya, jadi anaknya malah nggak bisa berjalan. Yang terjadi bukan bengkok,” katanya.

Namun demikian, bedong masih bisa dilakukan untuk memberikan rasa hangat tanpa harus perlu meluruskan kaki bayi dengan sengaja apalagi merapatkannya dengan kain.

“Biarkan kaki bayi bergerak sesuka mereka,” pungkasnya.

Sumber: Inilah.com

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s