Kenali Seluk Beluk USG

Ketika hamil, biasanya calon ibu akan lebih rajin kontrol untuk melihat perkembangan janin. Salah satu cara medis untuk melihat kondisi janin yaitu USG. Sejauh apa manfaat USG dan apa yang harus diketahui saat USG? Berikut ini pemaparan dr. Ivan R. Sini, MD,FRANZCOG, GDRM, SpOG dari Rumah Sakit Bunda Jakarta.

Ultrasonografi (USG) adalah suatu alat yang digunakan untuk memotret atau merekam gambar hidup janin untuk mendiagnosa kondisi atau kelainan penyakit pada janin.

Secara harfiah USG berarti pengambilan gambar dengan gelombang suara ultra, yaitu gelombang suara dengan frekuensi 20.000 Hertz yang dipancarkan secara menyebar. USG berperan sangat penting dalam perkembangan medis.

Seiring kemajuan zaman, perkembangan USG juga makin canggih. Dulu pergerakan janin yang terlihat di monitor masih dalam bentuk gerakan patah-patah. Tapi sekarang dengan resolusi yang lebih detail akan tampak gerakan janin yang lebih halus (smooth), fluently, dan setiap slice (lapis) bisa dilihat lebih jelas sehingga fungsi medisnya juga lebih baik. Bagi dokter, kemajuan teknologi USG dapat menajamkan akurasi pemeriksaan.

Perkembangan Janin

USG bertujuan untuk mendeteksi kelainan pada janin dan masalah yang mungkin muncul sejak proses kehamilan sampai akhir kehamilan. Pada trimester satu merupakan tahap awal untuk melihat janin sudah terbentuk atau belum, jantung sudah ada atau belum dan panjang janin.

Ada beberapa opsi yang bisa dipantau yaitu:

– Usia kandungan 12 minggu untuk mengetahui apakah ada kelainan atau tidak seperti down syndrome yang dapat dideteksi dengan mengukur tebal tengkuk janin dan bisa dikombinasikan dengan pemeriksaan darah (triple test).

– Usia 5 bulan untuk mengetahui kelainan yang sifatnya anatomis seperti kelainan bibir sumbing, otak, jantung dan lain-lain.

– Usia 7 bulan untuk mengetahui apakah ada masalah dengan pertumbuhan.

Trimester dua sudah dapat melihat janin secara utuh, semua organ janin sudah terbentuk, jumlah jari ada berapa, klep jantung ada berapa, apakah ada kelainan otak, dan sebagainya. Dan trimester tiga sudah lengkap, biasanya untuk melihat pertumbuhan secara keseluruhan.

Sesuai Indikasi

Saat dokter melakukan USG untuk memantau kehamilan, ibu hamil harus mengerti bahwa USG dilakukan sesuai indikasinya.

“Kalau hanya check up biasa saja, sebenarnya USG apapun tidak masalah. Dengan USG 2 dimensi (2D) pun dokter sudah dapat melihat jenis kelamin calon bayi, dan apakah janin tersebut kembar atau tidak. Hanya saja untuk mendeteksi berbagai permasalahan, dokter harus merujuk pada USG screening atau morfologi menggunakan alat yang disebut 4 dimensi (4D),” paparnya.

Ada fase tertentu seperti fase 12 minggu, 20 minggu, 28 minggu yang memerlukan pemeriksaan khusus seperti dengan alat USG 4D. Keistimewaan 4D selain dapat melihat janin dengan baik, juga memiliki daya tangkap terhadap kelainan janin yang lebih jelas. Misalnya, bisa melihat gambar muka dengan jelas.

Selain USG, dapat juga digunakan alat yang namanya Efek Doppler untuk mendeteksi denyut jantung janin. Tapi alat sederhana yang familiar dan sejak dulu dipakai, bahkan sampai sekarang adalah tangan dokter atau bidan yang ahli tentunya. Misalnya, dengan meraba tinggi rahim menggunakan tangan untuk mengetahui perkembangan janin.

“Tidak selalu ketika periksa hamil harus di-USG juga,” kata dokter yang ramah ini.

Pertanyaan Wajib ke Dokter

Pada umumnya pasien sudah mengerti hal apa saja yang harus ditanyakan ke dokter ketika melakukan USG. Bagi mereka yang penting adalah bayinya sehat. Parameter yang harus ditanyakan ketika pasien kontrol ke dokter antara lain:

– Ingin mengetahui bagaimana kondisi bayinya sehat atau tidak.

– Asupan makanannya bagus atau tidak.

– Apakah ada masalah atau tidak dengan pertumbuhan.

– Pertumbuhan berat janin berapa.

Ivan mengingatkan bahwa USG bukan untuk melihat kelainan fungsional tapi yang sifatnya anatomis. (Sumber: Mom & Kiddie)

Sumber: Okezone.com

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s