Minum Air Kelapa Bikin Kurus atau Gemuk?

Selama ini ada berbagai kabar bahwa minum air kelapa bisa menurunkan berat badan, tapi ada juga kabar yang menyebutkan air kelapa bisa bikin badan gemuk. Lalu manakah kabar tersebut yang benar?

“Air kelapa itu tidak menyebabkan tubuh kurus atau pun gemuk, karena badan yang kurus atau gemuk dipengaruhi oleh asupan kalorinya,” ujar Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, SpGK, Spesialis Gizi Klinik RSCM saat dihubungi detikHealth, Selasa (4/10/2011).

Lebih lanjut Dr Fiastuti menuturkan dalam air kelapa memang mengandung sedikit kalori dan berbagai mineral, tapi hal ini bukan berarti minum air kelapa yang banyak bisa membuat tubuh kurus atau pun gemuk.

Sedangkan kabar bahwa air kelapa bisa mempengaruhi kecepatan metabolisme ditubuh sehingga bisa membuat berat badan seseorang berkurang tidaklah benar karena tidak seperti itu cara kerjanya.

Tubuh bisa menjadi gemuk jika jumlah asupan kalori yang masuk melebihi kebutuhannya, sedangkan tubuh yang kurus disebabkan oleh asupan kalori yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhannya.

“Jadi tubuh yang kurus atau gemuk tergantung dari makanan yang dikonsumsinya sehari-hari, bukan dari seberapa banyak air kelapa yang ia minum,” ujar dokter yang juga tergabung dalam Pengurus PDGKI (Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia).

Air kelapa diketahui mengandung mineral dan elektrolit. Kandungan mineral dan elektrolit dalam air kelapa muda sangat beragam mulai dari kalsium, kalium hingga magnesium. Ketika kelapa mulai tua, mineral itu banyak terserap untuk mengeraskan daging kelapa yang berwarna putih sehingga khasiatnya berkurang.

Beberapa studi menemukan air kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan karena terbilang minuman non-kolesterol serta minuman isotonik alami yang bisa mengganti cairan dan elektrolit yang hilang, meski begitu sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. (detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s